8 Tips Diet untuk Membantu Memerangi Endometriosis

Endometriosis diperkirakan mempengaruhi sebanyak satu dari 10 wanita di seluruh dunia.
Ini adalah penyakit yang melibatkan sistem reproduksi di mana jaringan mirip endometrium tumbuh di luar rahim di daerah seperti ovarium, perut dan usus. Biasanya, jaringan endometrium hanya ditemukan di dalam rahim.
Gejalanya meliputi periode nyeri dan perdarahan berat, nyeri saat bersenggama, buang air besar yang menyakitkan dan infertilitas.
Penyebab endometriosis tidak diketahui, dan saat ini belum ada obatnya.
Namun, makanan tertentu dapat meningkatkan atau menurunkan risiko endometriosis, dan beberapa wanita merasa bahwa membuat perubahan diet dapat membantu mengurangi gejala.
Berikut 8 perubahan diet yang bisa membantu dalam mengelola endometriosis.

1. Tingkatkan Asupan Lemak Omega-3 Anda

Salmon, Beras Liar dan Bit
Lemak omega-3 sehat, lemak anti-inflamasi dapat ditemukan pada ikan berlemak dan sumber hewani dan tumbuhan lainnya.
Beberapa jenis lemak tertentu, seperti minyak nabati yang mengandung lemak omega-6, dapat meningkatkan rasa sakit dan pembengkakan. Namun, lemak omega-3 diyakini memiliki efek sebaliknya, bertindak sebagai blok bangunan molekul pembengkakan dan penghilang rasa sakit tubuh Anda.
Mengingat bahwa endometriosis sering dikaitkan dengan peningkatan rasa sakit dan pembengkakan, memiliki rasio omega-3 yang tinggi terhadap lemak omega-6 dalam makanan mungkin sangat bermanfaat bagi wanita dengan penyakit ini.
Terlebih lagi, rasio omega-3 yang tinggi terhadap lemak omega-6 telah terbukti menghambat kelangsungan hidup sel endometrium dalam studi tabung percobaan. Bukti awal menunjukkan bahwa lemak omega-3 bisa membantu mencegah implantasi sel endometrium di tempat pertama.
Lebih jauh lagi, satu penelitian observasional menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak omega-3 dalam jumlah tertinggi 22% lebih kecil kemungkinannya memiliki endometriosis, dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi makanan paling rendah.
Terakhir, para periset telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung lemak omega-3 dapat secara signifikan menurunkan gejala menstruasi dan rasa sakit.
Namun, buktinya tidak meyakinkan. Penelitian observasional lainnya tidak menemukan hubungan antara asupan lemak dan risiko endometriosis.
Meskipun demikian, apakah Anda mengonsumsi lebih banyak ikan berlemak atau mengonsumsi suplemen omega-3, meningkatkan asupan lemak ini adalah salah satu perubahan diet paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melawan rasa sakit dan peradangan terkait endometriosis.
RINGKASAN:Lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi, dan telah terbukti membantu mengurangi nyeri pada periode. Terlebih lagi, asupan lemak omega-3 yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan risiko endometriosis.

2. Hindari Lemak Trans

Dalam beberapa tahun terakhir, lemak trans telah menjadi terkenal karena tidak sehat.
Penelitian telah menemukan bahwa lemak trans meningkatkan kadar kolesterol LDL "buruk" dan menurunkan kolesterol HDL "baik", sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian.
Lemak trans tercipta saat lemak tak jenuh cair meledak dengan hidrogen sampai menjadi padat. Pabrikan biasanya membuat lemak trans untuk memberi produk mereka umur simpan lebih lama dan tekstur yang lebih mudah menyebar.
Hal ini membuat mereka sempurna untuk digunakan dalam berbagai barang goreng dan olahan, seperti kerupuk, donat, kentang goreng dan kue kering.
Namun, mulai tahun 2018, Food and Drug Administration (FDA) AS akan melarang lemak trans dalam semua produk makanan karena bahaya yang mereka hadapi terhadap kesehatan. Sampai saat itu, sangat bijaksana untuk menghindari produk yang mengandung lemak trans.
Secara khusus, wanita dengan endometriosis harus menghindarinya. Satu studi observasional menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak trans tertinggi memiliki 48% peningkatan risiko endometriosis.
Satu studi sama sekali tidak meyakinkan, namun menghindari lemak trans adalah rekomendasi bagus.
Anda bisa mengetahui apakah sebuah produk mengandung lemak trans dengan membaca labelnya . Apa pun yang mengandung lemak terhidrogenasi parsial mengandung lemak trans juga.
RINGKASAN:Lemak trans, yang ditemukan pada beberapa makanan olahan, meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan risiko endometriosis.

3. Potong Daging Merah

Daging merah , terutama olahan daging merah, telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi penyakit tertentu. Sebenarnya, mengganti daging merah dengan sumber protein lain bisa memperbaiki peradangan, yang sering dikaitkan dengan endometriosis.
Selain itu, satu penelitian observasional menemukan bahwa wanita yang makan lebih banyak daging dan ham memiliki peningkatan risiko endometriosis, dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit daging atau ham.
Namun, dua penelitian lainnya gagal menemukan hasil yang sama.
Beberapa bukti menunjukkan bahwa asupan tinggi daging merah dapat dikaitkan dengan kadar estrogen dalam darah yang lebih tinggi.
Karena endometriosis adalah penyakit yang bergantung pada estrogen, kadar estrogen dalam darah yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko kondisi.
Saat ini belum cukup penelitian tentang daging merah dan endometriosis untuk membuat rekomendasi padat.
Meskipun bukti saat ini saling bertentangan, beberapa wanita mungkin mendapat manfaat dari pengurangan asupan daging merah mereka.
RINGKASAN:Daging merah dikaitkan dengan risiko endometriosis yang lebih tinggi dalam beberapa penelitian. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen.

4. Makanlah Banyak Buah, Sayuran dan Biji-bijian utuh

Buah-buahan , sayuran dan biji-bijian dikemas dengan vitamin, mineral dan serat .
Mengisi piring Anda dengan kombinasi makanan ini memastikan bahwa makanan Anda dikemas dengan nutrisi penting dan meminimalkan asupan kalori kosong Anda.
Makanan dan manfaatnya mungkin sangat penting bagi penderita endometriosis.
Serat makanan diyakini dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon dari tubuh, dan penelitian telah menghubungkan asupan serat tinggi dengan kadar hormon seks dalam darah yang lebih rendah, termasuk estrogen.
Ini berarti mengonsumsi makanan berserat tinggi mungkin merupakan strategi yang sangat baik untuk wanita dengan endometriosis.
Buah-buahan, sayuran dan biji-bijian adalah sumber serat makanan terbaik. Makanan ini juga memberi antioksidan, yang juga bisa membantu memerangi peradangan.
Satu studi menemukan bahwa wanita dengan endometriosis yang mengikuti diet antioksidan tinggi selama empat bulan mengalami peningkatan kapasitas antioksidan dan penurunan penanda stres oksidatif.
Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan secara signifikan mengurangi nyeri terkait endometriosis.
Satu studi secara langsung menyelidiki hubungan antara endometriosis dan makan buah dan sayuran hijau. Ditemukan bahwa asupan makanan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kondisi yang lebih rendah.
Namun, temuan belum konsisten. Studi lain menemukan bahwa asupan buah yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko endometriosis.
Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa mengonsumsi lebih banyak buah sering disertai dengan konsumsi pestisida yang meningkat Beberapa jenis pestisida tertentu mungkin memiliki efek seperti estrogen, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi endometriosis.
Tanpa penelitian lebih lanjut, tidak mungkin mengatakan dengan pasti bagaimana asupan buah dan sayuran mempengaruhi endometriosis. Namun, bukti saat ini menunjukkan bahwa mengikuti diet yang kaya buah, sayuran dan biji-bijian bisa menjadi strategi yang baik.
RINGKASAN:Buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dikemas dengan serat makanan, yang dapat membantu menurunkan konsentrasi estrogen dalam tubuh. Mereka juga menyediakan vitamin, mineral dan antioksidan, yang dapat membantu melawan rasa sakit dan stres oksidatif.

5. Batasi Kafein dan Alkohol

Profesional kesehatan sering menganjurkan agar wanita dengan endometriosis mengurangi konsumsi kafein dan alkohol mereka .
Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita dengan endometriosis cenderung mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang lebih tinggi daripada wanita tanpa penyakit.
Namun, ini tidak membuktikan bahwa asupan alkohol tinggi menyebabkan endometriosis. Misalnya, bisa diartikan bahwa wanita dengan endometriosis cenderung lebih banyak minum alkohol akibat penyakit tersebut.
Selanjutnya, beberapa penelitian lain tidak menemukan kaitan antara asupan alkohol dan endometriosis.
Demikian pula, potensi hubungan dengan kafein tidak jelas.
Sementara beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein atau kopi dikaitkan dengan risiko endometriosis yang lebih tinggi, sebuah kajian besar menemukan bahwa asupan kafein tidak meningkatkan risiko kondisi.
Meskipun hasil ini, asupan alkohol dan kafein keduanya terkait dengan peningkatan kadar estrogen, protein yang mengangkut estrogen ke seluruh tubuh.
Meskipun tidak ada bukti jelas yang menghubungkan kafein atau alkohol dengan risiko atau tingkat keparahan endometriosis, beberapa wanita masih memilih untuk mengurangi atau menghilangkan zat ini dari makanan mereka.
RINGKASAN:Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dan alkohol dapat meningkatkan risiko endometriosis. Selain itu, asupan kafein yang tinggi dapat meningkatkan kadar estrogen. Meskipun bukti ini sama sekali tidak meyakinkan, beberapa wanita masih memilih untuk mengurangi asupannya.

6. Kurangi Makanan Olahan

Meminimalkan asupan makanan olahan adalah ide bagus untuk hampir semua orang, dan melakukannya juga dapat membantu pengelolaan endometriosis.
Makanan olahan sering mengandung lemak dan gula tidak sehat , rendah nutrisi dan serat penting dan dapat meningkatkan rasa sakit dan pembengkakan.
Lemak omega-6 ditemukan pada minyak tumbuhan, seperti jagung, biji kapas dan minyak kacang, dapat meningkatkan rasa sakit, kram dan radang rahim.
Di sisi lain, lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan, kenari dan rami dapat membantu mengurangi rasa sakit, kram dan pembengkakan.
Akibatnya, membatasi asupan makanan seperti kue kering, keripik, kerupuk, permen dan makanan yang digoreng dapat membantu meminimalkan rasa sakit terkait endometriosis.
Untuk dampak yang lebih banyak lagi, ganti makanan olahan dengan yang cenderung membantu mengelola endometriosis, seperti ikan berlemak , biji-bijian atau buah-buahan dan sayuran segar.
RINGKASAN:Makanan olahan rendah nutrisi penting dan serat, dan lemak ini sering mengandung lemak tidak sehat dan tambahan gula, keduanya meningkatkan peradangan dan rasa sakit.

7. Cobalah Diet Gluten-Free atau Low-FODMAP

Diet tertentu dapat membantu mengurangi gejala endometriosis.

Diet Bebas Gluten

Sebuah diet bebas gluten tidak sering direkomendasikan untuk individu yang tidak memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten tertentu. Hal ini membatasi dan bisa rendah serat dan nutrisi, sementara tinggi dalam pati halus.
Namun, ada beberapa bukti bahwa diet bebas gluten dapat bermanfaat bagi individu dengan endometriosis.
Satu studi pada 207 wanita dengan nyeri endometriosis parah menemukan bahwa 75% di antaranya mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan setelah 12 bulan menjalani diet bebas gluten.
Penelitian ini tidak termasuk kelompok kontrol, sehingga efek plasebo tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Namun demikian, penelitian lain pada 300 wanita menemukan hasil yang serupa, dan itu termasuk kelompok kontrol. Satu kelompok hanya minum obat, sementara kelompok lainnya minum obat dan menjalani diet bebas gluten.
Pada akhir penelitian, kelompok yang mengikuti diet bebas gluten mengalami pengurangan nyeri panggul yang signifikan.

Diet Rendah-FODMAP

Diet rendah FODMAP juga mungkin bermanfaat bagi wanita yang memiliki endometriosis.
Diet ini dirancang untuk meringankan gejala usus pada pasien dengan irritable bowel syndrome (IBS). Hal ini membutuhkan penghindaran makanan yang tinggi pada FODMAP, sebuah istilah yang mewakili oligo-, di- dan monosakarida dan poliol yang dapat difermentasi.
Bakteri ganggang memfermentasi FODMAPs, menghasilkan produksi gas yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada orang dengan IBS.
Sebuah studi pada orang-orang dengan IBS atau IBS dan endometriosis menemukan bahwa diet rendah FODMAP memperbaiki gejala IBS pada 72% orang yang memiliki endometriosis dan IBS, dibandingkan dengan 49% pada mereka yang memiliki IBS saja.
Baik diet bebas gluten dan diet rendah-FODMAP bisa bersifat membatasi dan agak sulit ditangani. Namun, mereka mungkin menawarkan kelegaan untuk gejala endometriosis.
Jika Anda memutuskan untuk memberikan salah satu dari diet ini, ada baiknya bertemu dengan ahli diet untuk membuat rencana yang sesuai untuk Anda.
RINGKASAN:Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet bebas gluten dapat membantu mengurangi gejala endometriosis, sementara diet rendah FODMAP dapat mengurangi gejala IBS pada wanita yang memiliki endometriosis dan IBS.

8. Kedelai Mungkin Bermanfaat

Beberapa diet endometriosis merekomendasikan untuk menghilangkan kedelai dari makanan Anda. Ini karena kedelai mengandung fitoestrogen, yaitu senyawa tanaman yang bisa meniru estrogen.
Namun, sebagian besar tidak diketahui bagaimana fitoestrogen mempengaruhi endometriosis.
Beberapa bukti menunjukkan bahwa hal itu mungkin berbahaya. Satu studi menemukan bahwa wanita diberi susu formula kedelai karena bayi memiliki lebih dari dua kali lipat risiko endometriosis dibandingkan wanita yang tidak diberi susu formula kedelai sebagai bayi.
Selain itu, beberapa penelitian hewan dan laporan kasus wanita dengan endometriosis telah melaporkan efek negatif yang terkait dengan mengkonsumsi suplemen kedelai.
Namun, banyak penelitian yang telah memeriksa asupan kedelai diet pada wanita dengan endometriosis telah menemukan hal yang sebaliknya.
Satu studi menemukan bahwa asupan kedelai tidak terkait dengan risiko endometriosis, dan tiga penelitian lain menemukan bahwa asupan kedelai mengurangi risiko atau tingkat keparahannya.
Menariknya, phytoestrogen yang disebut puerarin saat ini sedang diselidiki dalam penelitian hewan sebagai pengobatan potensial untuk endometriosis.
Periset telah mengusulkan bahwa daripada meningkatkan efek mirip estrogen dalam tubuh, fitoestrogen memiliki efek sebaliknya, menghalangi efek estrogen dan berkontribusi terhadap endometriosis.
Secara umum, estrogen mengikat reseptor sel yang membentuk jaringan tubuh Anda.
Efek fitoestrogen lebih lemah daripada estrogen itu sendiri. Jadi, penalaran berlanjut bahwa ketika fitoestrogen mengikat reseptor estrogen, lebih sedikit reseptor yang tidak memiliki cadangan yang tersedia untuk dilakukan estrogen. Hal ini dapat menyebabkan efek anti-estrogen dalam tubuh.
Bukti kecil yang ada sepertinya mendukung teori ini. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan dapat dibuat tentang efek kedelai dan fitoestrogen lainnya pada endometriosis.
RINGKASAN:Beberapa sumber menyarankan untuk menghindari kedelai, tapi tidak jelas apakah ini adalah rekomendasi bagus. Sementara beberapa bukti menunjukkan bahwa kedelai mungkin memiliki efek negatif pada endometriosis, penelitian lain menemukan bahwa ia menurunkan risiko endometriosis.

Garis bawah


Tidak ada obat untuk endometriosis, dan perawatan bedah atau medis tetap merupakan metode yang paling efektif dalam mengelola kondisi ini.
Namun, membuat perubahan diet adalah pendekatan pelengkap yang dapat membantu beberapa wanita mengelola gejala mereka.
Ingatlah bahwa seperti gejala penyakit ini bervariasi dari orang ke orang, perawatan yang paling sesuai untuk satu wanita mungkin tidak tepat untuk orang lain.
Luangkan waktu Anda untuk bereksperimen dengan tip di atas untuk menemukan pendekatan yang tepat untuk Anda.

0 Response to "8 Tips Diet untuk Membantu Memerangi Endometriosis"

Posting Komentar