Apakah Minyak Kacang Sehat? Kebenaran yang Mengejutkan

Dengan begitu banyak minyak goreng yang tersedia di pasaran, sulit untuk mengetahui mana yang terbaik untuk kesehatan Anda.
Minyak kacang merupakan minyak yang populer yang biasa digunakan dalam memasak, terutama saat menggoreng makanan.
Sementara minyak kacang mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun juga memiliki beberapa kekurangan yang signifikan.
Artikel ini mengambil tampilan minyak kacang secara rinci untuk mengetahui apakah itu adalah pilihan sehat atau tidak sehat.

Apa itu Minyak Kacang?

Kacang Tanah dan Minyak Kacang Tanah
Minyak kacang tanah, yang juga disebut sebagai minyak kacang tanah atau minyak arachis, adalah minyak nabati yang berasal dari biji tanaman kacang tanah yang dapat dimakan .
Padahal tanaman kacang tanah di atas tanah, bibit atau kacang justru berkembang di bawah tanah. Inilah sebabnya mengapa kacang juga dikenal sebagai kacang tanah.
Kacang tanah sering dikelompokkan dengan kacang pohon seperti kenari dan kacang almond, tapi sebenarnya adalah sejenis kacang polong yang termasuk dalam famili kacang polong dan kacang.
Bergantung pada pengolahan, minyak kacang dapat memiliki berbagai rasa yang bervariasi dari yang ringan dan manis hingga kuat dan nutty.
Ada beberapa jenis minyak kacang. Masing-masing dibuat menggunakan teknik yang berbeda:
  • Minyak kacang halus: Jenis ini disuling, dikelantang dan dihilangkan bau, yang menghilangkan bagian alergen minyak. Hal ini biasanya aman bagi orang-orang dengan alergi kacang. Hal ini biasa digunakan oleh restoran untuk menggoreng makanan seperti ayam dan kentang goreng.
  • Minyak kacang yang ditekan dingin : Dengan metode ini, kacang dilumuri untuk mengeluarkan minyak. Proses panas rendah ini mempertahankan banyak rasa kacang alami dan lebih banyak nutrisi daripada penyulingan.
  • Minyak kacang gourmet: Dianggap sebagai minyak khusus, jenis ini tidak dimurnikan dan biasanya dipanggang, memberi minyak rasa lebih dalam dan lebih kuat daripada minyak sulingan. Ini digunakan untuk memberi rasa pedas dan tajam pada piring seperti stir-frys.
  • Campuran minyak kacang tanah: Minyak kacang tanah sering dicampur dengan minyak rasa yang sama tapi lebih murah seperti minyak kedelai. Jenis ini lebih terjangkau bagi konsumen dan biasanya dijual dalam jumlah besar untuk menggoreng makanan.
Minyak kacang tanah banyak digunakan di seluruh dunia namun paling sering terjadi pada masakan Cina, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Ini menjadi lebih populer di Amerika Serikat selama Perang Dunia II ketika minyak lainnya langka karena kekurangan pangan.
Ini memiliki titik asap tinggi 437 ℉ (225 ℃) dan biasanya digunakan untuk menggorengmakanan.
RINGKASAN:Minyak kacang merupakan minyak nabati populer yang biasa digunakan di seluruh dunia. Minyak ini memiliki titik asap tinggi, menjadikannya pilihan populer untuk menggoreng makanan.

Komposisi Gizi

Berikut adalah rincian nutrisi untuk satu sendok makan minyak kacang tanah ( 1 ):
  • Kalori: 119
  • Lemak: 14 gram
  • Lemak jenuh: 2,3 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 6,2 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 4,3 gram
  • Vitamin E: 11% dari RDI
  • Fitosterol: 27,9 mg
Rincian asam lemak minyak kacang adalah 20% lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal 50% (MUFA) dan 30% lemak tak jenuh ganda (PUFA).
Jenis utama lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak kacang disebut asam oleat, atau omega-9 . Ini juga mengandung sejumlah tinggi asam linoleat, sejenis asam lemak omega-6, dan sejumlah kecil asam palmitat, lemak jenuh.
Tingginya jumlah lemak omega-6 yang dikandung minyak kacang tanah mungkin bukan hal yang baik. Lemak ini cenderung menyebabkan radang dan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.
Sejumlah besar lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak ini membuatnya menjadi pengganti untuk penggorengan dan metode memasak panas tinggi lainnya. Namun, lemak ini mengandung lemak tak jenuh ganda yang jumlahnya tidak stabil pada suhu tinggi.
Di sisi lain, minyak kacang merupakan sumber vitamin E yang baik, antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.
RINGKASAN:Minyak kacang tanah tinggi lemak tak jenuh tunggal, menjadikannya pilihan populer untuk memasak panas tinggi. Ini adalah sumber vitamin E yang baik, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Potensi Manfaat Minyak Kacang Tanah

Minyak kacang merupakan sumber vitamin E.
Ini juga dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Minyak Kacang Tinggi dalam Vitamin E

Hanya satu sendok makan minyak kacang mengandung 11% asupan vitamin E harian yang direkomendasikan.
Vitamin E sebenarnya adalah nama untuk sekelompok senyawa yang larut dalam lemak yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh.
Peran utama vitamin E adalah berfungsi sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari zat berbahaya yang disebut radikal bebas.
Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel jika jumlah mereka tumbuh terlalu tinggi di tubuh. Mereka telah dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
Terlebih lagi, vitamin E membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, yang melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Hal ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah, pensinyalan sel dan mencegah pembekuan darah.
Antioksidan kuat ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker tertentu, katarak dan bahkan mencegah penurunan mental terkait usia.
Faktanya, sebuah analisis terhadap delapan studi yang mencakup 15.021 orang menemukan penurunan 17% risiko katarak terkait usia pada mereka dengan asupan vitamin E tertinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan terendah.

Ini Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Minyak kacang tanah tinggi lemak baik monounsaturated (MUFA) maupun polyunsaturated (PUFA), keduanya telah diteliti secara ekstensif untuk perannya dalam mengurangi penyakit jantung.
Ada bukti bagus bahwa mengkonsumsi lemak tak jenuh dapat menurunkan faktor risiko tertentu yang terkait dengan penyakit jantung.
Misalnya, kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan MUFA atau PUFA dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.
Sebuah tinjauan besar oleh American Heart Association menunjukkan bahwa mengurangi asupan lemak jenuh dan meningkatkan asupan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 30%.
Namun manfaat ini hanya terlihat saat mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Tidak jelas apakah menambahkan lebih banyak lemak ini ke makanan Anda tanpa mengubah komponen makanan lain akan memberi efek positif pada kesehatan jantung.
Selain itu, penting untuk dicatat bahwa penelitian besar lainnya menunjukkan sedikit atau tidak ada efek pada risiko penyakit jantung saat mengurangi lemak jenuh atau menggantinya dengan lemak lain ini.
Sebagai contoh, sebuah tinjauan baru-baru ini terhadap 76 penelitian yang mencakup lebih dari 750.000 orang tidak menemukan kaitan antara asupan lemak jenuh dan risiko penyakit jantung, bahkan bagi mereka yang memiliki asupan tertinggi.
Tinjauan lain terhadap 15 penelitian terkontrol memiliki temuan serupa, menyimpulkan bahwa mengurangi lemak jenuh dalam makanan tidak berpengaruh pada risiko penyakit jantung, meskipun mengganti beberapa lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda dapat mengurangi risiko kejadian jantung.
Sementara minyak kacang memiliki jumlah lemak tak jenuh ganda, ada banyak pilihan bergizi lainnya yang lebih tinggi dalam jenis lemak seperti kenari, biji bunga matahari dan biji rami.

Minyak Kacang Tanah Dapat Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Studi telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat memperbaiki kontrol gula darah pada penderita diabetes.
Mengkonsumsi lemak dengan karbohidrat membantu memperlambat penyerapan gula di saluran pencernaan dan menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih lambat. Namun, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, khususnya, mungkin memainkan peran lebih besar dalam pengendalian gula darah.
Dalam sebuah ulasan terhadap 102 studi klinis yang melibatkan 4.220 orang dewasa, para periset menemukan bahwa mengganti hanya 5% asupan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda menyebabkan penurunan kadar gula darah dan HbA1c secara signifikan , sebuah penanda kontrol gula darah jangka panjang.
Selain itu, mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda secara signifikan meningkatkan sekresi insulin pada subjek ini. Insulin membantu sel menyerap glukosa dan membuat gula darah Anda menjadi terlalu tinggi.
Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa minyak kacang meningkatkan kontrol gula darah.
Dalam sebuah penelitian, tikus diabetes yang diberi minyak kacang mengalami penurunan kadar gula darah dan HbA1c secara signifikan. Dalam penelitian lain, tikus diabetes yang diberi diet diperkaya dengan minyak kacang memiliki penurunan gula darah yang signifikan.
RINGKASAN:Minyak kacang dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Ini juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Ini juga merupakan sumber vitamin E yang hebat, antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Risiko Kesehatan Potensial

Meski ada beberapa manfaat berbasis bukti untuk mengkonsumsi minyak kacang tanah, ada juga beberapa kekurangan potensial.

Minyak Kacang Tanah Tinggi pada Lemak Omega-6

Asam lemak omega-6 adalah sejenis lemak tak jenuh ganda. Mereka adalah asam lemak esensial, artinya Anda harus mendapatkannya melalui makanan karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya.
Seiring dengan asam lemak omega-3 yang lebih dikenal, asam lemak omega-6 memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan yang tepat, serta fungsi otak normal.
Sementara omega-3 membantu melawan peradangan di tubuh yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis, omega-6 cenderung lebih pro-inflamasi.
Meskipun kedua asam lemak esensial ini sangat penting bagi kesehatan, makanan hari modern cenderung terlalu tinggi dalam asam lemak omega-6. Faktanya, makanan khas Amerika dapat mengandung 14 sampai 25 kali lebih banyak asam lemak omega-6 dibandingkan asam lemak omega-3.
Para ahli menyarankan agar rasio ini mendekati 1: 1 atau 4: 1 untuk kesehatan optimal. Asupan omega-6 telah meroket selama beberapa dekade terakhir, bersamaan dengan tingkat penyakit inflamasi seperti penyakit jantung, obesitas, penyakit radang usus dan kanker.
Faktanya, beberapa penelitian menghubungkan konsumsi lemak omega-6 yang tinggi dengan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita.
Bukti yang mendukung hubungan antara konsumsi berat lemak pro-inflamasi ini dan penyakit tertentu sangat kuat, walaupun perlu dicatat bahwa penelitian ini sedang berlangsung.
Minyak kacang tanah sangat tinggi omega-6 dan kekurangan omega-3. Untuk makan rasio yang lebih seimbang dari asam lemak esensial ini, batasi asupan minyak tinggi omega-6, seperti minyak kacang.

Minyak Kacang Mungkin Terancam Oksidasi

Oksidasi adalah reaksi antara zat dan oksigen yang menyebabkan radikal bebas dan senyawa berbahaya lainnya terbentuk. Proses ini biasa terjadi pada lemak tak jenuh, sedangkan lemak jenuh lebih tahan terhadap oksidasi.
Lemak tak jenuh ganda adalah yang paling rentan untuk menjadi teroksidasi karena jumlah ikatan rangkap mereka yang tidak stabil.
Cukup memanaskan atau mengekspos lemak ini ke udara, sinar matahari atau kelembaban dapat memicu proses yang tidak diinginkan ini.
Tingginya jumlah lemak tak jenuh ganda dalam minyak kacang, bersamaan dengan penggunaannya sebagai minyak panas tinggi, membuatnya lebih rentan terhadap oksidasi.
Radikal bebas yang tercipta saat minyak kacang menjadi teroksidasi bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh. Kerusakan ini bahkan bisa menyebabkan penuaan dini, kanker dan penyakit jantung tertentu.
Ada minyak dan lemak lain yang lebih stabil yang tersedia di pasaran untuk memasak panas tinggi.
Ini jauh lebih tahan terhadap oksidasi dibanding minyak kacang. Meskipun minyak kacang dikiklankan karena titik asapnya yang tinggi, ini mungkin bukan pilihan terbaik.
RINGKASAN:Minyak kacang tanah tinggi asam lemak omega-6 pro-inflamasi. Diet Barat cenderung terlalu tinggi dalam lemak ini, yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Minyak ini mungkin juga rentan terhadap oksidasi, menjadikannya pilihan yang tidak aman sebagai minyak goreng.

Garis bawah


Minyak kacang merupakan minyak populer yang digunakan di seluruh dunia.
Ini adalah sumber antioksidan vitamin E yang baik, yang dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Ini juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan gula darah pada penderita diabetes.
Namun sementara minyak ini mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun memiliki beberapa kekurangan.
Ini sangat tinggi dalam asam lemak omega-6 pro-inflamasi dan rentan terhadap oksidasi, yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.
Dengan begitu banyak pilihan lemak sehat lainnya di pasaran, mungkin bijak memilih minyak dengan lebih banyak manfaat dan lebih sedikit potensi risiko kesehatan.
Beberapa alternatif yang baik termasuk minyak zaitun extra virgin, minyak kelapa atau minyak alpukat.

0 Response to "Apakah Minyak Kacang Sehat? Kebenaran yang Mengejutkan"

Posting Komentar